manfaat donor darah

20 Okt

“donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seeorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang kemudian dipakai pada transfusi darah” -wikipedia-

proses donor darah

seringnya melihat program donor darah di kampus menggugah seorang mahasiswa cemen untuk ikut berpartisipasi dalam acara PMI ini. Februari 2012 lalu merupakan kali pertama bagi saya menjadi seorang pendonor di acara kampus sebelah, yaitu unpas setiabudi.
Berikut Syarat Donor Darah bagi anda yang ingin melakukannya :

  1. Umur berusia antara 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celciu
  4. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  6. Hemoglobin baik pria maupun wanita minimal harus 12,5 gram
  7. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5x dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum pendonor

kartu donor PMI kota Bandung

dengan mengikuti program donor darah di kampus bisa mengurangi ketakutan akan jarum donor, karena pihak panitia kreatif dalam mengemas acara biasanya sih ada bazar makanan, live music, dan banyak lagi.
manfaat donor darah

  1. Mengaktifkan sel-sel. Saat seseorang menyumbangkan darahnya, sumsum tulang belakangnya akan terangsang untuk menghasilkan sel darah merah baru dan membuat organ pembentuk darah berfungsi lebih efektif.
  2. Pendeteksian penyakit sedini mungkin. Sebelum kita mendonorkan darah, dokter yang bertugas akan memeriksa darah kita terlebih dahulu. Ketika itulah dokter akan menginformasikan kondisi tubuh kita melalui screening awal terhadap darah tersebut. Kita dapat mengetahui apakah kita mengidap anemia atau tidak serta mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria.
  3. Menjaga kesehatan jantung. Seseorang yang rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah lebih stabil dan hal inilah yang menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Metode Diet yang Ampuh.Ternyata dengan mendonorkan darah dapat membantu mereka yang sedang dalam program diet. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira sebanyak 650 cal. Donor darah juga dapat membuat pinggang menjadi lebih ramping.
  5. Meningkatkan kesehatan mental. Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada saudara kita yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan tersendiri dan menimbulkan perasaan positif. Hal inilah yang dapat meningkatkan kesehatan mental.

referensi:
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/08/25/manfaat-dan-syarat-donor-darah/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: