First Experience of Work

17 Jan

6 bulan terakhir ini gue kerja part time di salah satu lembaga bimbingan belajar, yaitu kumon. Awalnya September 2011 lamar sana-sini, tapi waktu itu belum ada hasilnya. Baru kemudian di libur semester lalu yaitu Juli 2012, senior kasih tawaran buat masuk kumon sementara buat gantiin doi yang mau cuti karena harus KKN selama 2 bulan, lalu kemudian beruntunglah bos nawarin gw buat lanjut kerja di sini.

4-tutorial-paper-collage-frMetode Kumon yang diperkenalkan oleh seorang pendidik Jepang, Toru Kumon (di Osaka pada tahun 1958) merupakan sistem pendidikan matematika dan bahasa yang paling besar di dunia. Sampai pada bulan Maret 2007, lebih dari 4 juta anak belajar menggunakan metode Kumon melalui lebih dari 26.000 lembaga pendidikan Kumon di 45 negara. Di bagian Amerika bagian utara saja, lebih dari 240.000 pelajar menggunakan metode ini melalui 1.400 pusat pendidikan Kumon di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Pada tahun 2002, lembaga Kumon di Jepang ini memperkenalkan sebuah logo perusahaan dalam bentuk “Wajah pemikir”. Logo ini melambangkan seorang anak yang sedang berpikir pada saat belajar yang dinyatakan pada huruf “o” dari kata “Kumon”. Logo ini kemudian secara resmi digunakan di Amerika Serikat pada bulan Maret 2003 -wikipedia-

Kumon merupakan franchise lembaga belajar yang fokus pada mapel matematika, dan bahasa inggris. di sini, siswa belajar secara mandiri, datang ke kelas 2 kali seminggu dan diberikan PR setiap hari,  kelas didesain tanpa whiteboard tidak seperti pada kelas konvensional. Di depan kelas berjejer para assisstant yang bekerja mengkoreksi worksheet siswa, dan memberi bimbingan ketika siswa menggangkat tangan tanda ketidakpahaman akan soal yang dikerjakan.

Ini beneran, kadang ngerasa kecil dan hilang percaya diri karena anak-anak di sini belajar materi matematika jauh di atas materi kelasnya di sekolah formal. Di kelas ada anak yang namanya Bennet (TK B) kumon level-D (pembagian, perkalian dan pengenalan pecahan).

Maths-Curriculum-IndonesiaUmumnya siswa mengerjakan 5 worksheet sesuai standar waktu penyelesaian (SWP) yaitu 15 menit. untuk menjaga profesionalisme karyawannya setiap hari rabu assisstant selalu diuji kompetensinya dengan menyelesaikan worksheet, tanpa melebihi standar waktu penyelesaian, dan itu tidak mudah ._.

untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kumon, bisa klik official website kumon Indonesia>> http://id.kumonglobal.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: